Sabtu, 25 Oktober 2008

Yang unik dari Siantar


Beberapa bulan yang lalu suamiku mendapat tugas baru di Siantar, salah satu kabupaten di Sumatera Utara. Tadinya aku merasa agak kecewa, bayangkan kalau aku harus pindah ke kota yang lebih kecil yang tidak pernah kukenal sebelumnya.
Ternyata jaraknya tidak sejauh perkiraanku, hanya kurang lebih 2,5 - 3 jam dari medan.Dan kami memutuskan untuk tidak ikut pundah kesana. Jadi tiap jumat sore, suamiku pulang ke Medan.

Setiap satu minggu dalam sebulan aku ikut ke sana, dan ternyata....aku sangat menyukai perjalanannya. Satu jam menjelang kota siantar, pemandangannya indah, karena mulai mendaki, bunga bunga tumbuh sepanjang jalan. O ya, Siantar letaknya di atas gunung, dan Danau Toba berjarak kurang lebih 40 menit dari kota siantar. Udaranya segar sekali, dingin, mengingatkanku akan bandung. Kotanya pun naik turun, bersih......aku bilang ini bandungnya Sumut.....hehehehe boleh juga ya.

Kali pertama aku disana, aku dikejutkan oleh suara becaknya, awalnya aku pikir itu suara rombongan motor besar yg lewat depan rumahku, aku keluar untuk melihatnya dan ternyata cuma suara satu becak yg berhenti tepat didepanku. Aku benar benar terkejut, karena suaranya itu memang suara motor besar, yang menjadi motornya becak...hebat ya....becak pake motor besar, BSA kata suamiku. Aku sih nggak ngerti ngerti soal motor besar.......
Bentuknya pun aneh, aku ragu apa kita bisa duduk nyaman didalamnya......penampilannya benar benar antik. Sesuai dengan motornya. Disana becak disebut Betor, artinya becak bermotor. Aku jadi terobsesi untuk keliling kota dengan betor tsb, dan akhirnya kesampaian juga....hehehehehe. Aawalnya aku takut, karena posisi duduknya seperti di kursi santai aja, agak rebahan, wah...bisa bisa kebalik pikirku, tapi lama lama nyaman juga.


















Betor ini jumlahnya sudah tidak banyak lagi, karena memang peninggalan dulu dan tidak ada lagi becak baru dari motor besar. Jumlahnya makin berkurang cepat, karena akhir akhir ini banyak diburu untuk dibeli oleh orang orang dari jawa. Yang dicari sih bukan rumah becaknya yg sebenarnya juga antik, tapi motornya saja.

Tidak ada komentar:

cerita ceritaku

Saya.......

Mama dari Ifa, Ehal & Aqeel